Gudang Artikel

Print

 Kalibrasi Spektrofotometer UV Vis

 

 

Definisi Kalibrasi 

Menurut ISO/IEC Guide 17025:2005 dan Vocabulary of International Metrology (VIM) adalah serangkaian kegiatan yang membentuk hubungan antara nilai yang ditunjukkan oleh instrumen ukur atau sistem pengukuran, atau nilai yang diwakili oleh bahan ukur, dengan nilai-nilai yang sudah diketahui yang berkaitan dari besaran yang diukur dalam kondisi tertentu.

Dengan kata lain kalibrasi adalah kegiatan untuk menentukan kebenaran konvensional nilai penunjukkan alat ukur dan bahan ukur dengan cara membandingkan terhadap standar ukur yang mampu telusur (traceable) ke standar nasional maupun internasional untuk satuan ukuran dan/atau internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi.

Manfaat kalibrasi adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mendukung sistem mutu yang diterapkan di berbagai industri pada peralatan laboratorium dan produksi yang dimiliki

  2. Dengan melakukan kalibrasi, bisa diketahui seberapa jauh perbedaan (penyimpangan) antara harga benar dengan harga yang ditunjukkan oleh alat ukur.

 

Kalibrasi Spektrofotometer

Spektrofotometer UV-Vis banyak digunakan untuk penentuan konsentrasi senyawa-senyawa yang dapat menyerap radiasi pada daerah ultraviolet (200 – 400 nm) atau daerah sinar tampak (400 – 800 nm) (Sastrohamidjojo, 1991).   Analisis dengan instrument ini dilakukan dengan penentuan absorbansi dari larutan sampel yang diukur. spektrofotometer mengukur transmitan atau absorban suatu sampel sebagai fungsi panjang gelombang. Pada spektro yang perlu dikalbrasi adalah  panjang gelombang dan absorbansi

Kalibrasi panjang gelombang

  • menggunakan filter gelas holium oksida yang mempunyai panjang gelombang acuan (nm) 
  • pasang  filter gelas holium oksida pada kompartemen sampel dan kompartemen pembanding dibiarkan kosong (udara)
  • Scan spektrum serapan holium oksida, bandingkan panjang gelombang spektrum yang diperoleh dengan data panjang gelombang acuan.

Kalibrasi absorbans

  • Buat larutan kalium dikromat 50 + 0,5 mg dalam 1 liter 0,005 mol/L asam sulfat (larutan A)
  • Buat larutan kalium dikromat 100 + 1  mg dalam 1 liter 0,005 mol/L asam sulfat (larutan B)
  • Buat larutan 0,005 mol/L asam sulfat sebagai pembanding dan bandingkan hasilnya dengan data acuan (+ 2%) 

Saat ini sudah banyak tersedia larutan standar kalibrasi yang sudah siap pakai. Hal ini akan lebih memudahkan kita untuk melakukan kaliobrasi alat.

 

GBC Spektrometer Cintra 4040   

 Ditulis ulang dari berbagai sumber

PT Maja Bintang Indonesia adalah distributor alat alat laboratorium